6 Alasan Kamu Sering Ribut Sama yang Lain

(Sumber foto: google)

Perselisihan dengan orang lain kadang kerap kita rasakan dalam hidup ini. Jarang sekali seseorang tidak pernah berselisih paham dengan orang lain baik dengan orang tua, teman, saudara, atau pacar. Namun, setiap masalah yang timbul pasti ada sebabnya. Bisa saja itu terjadi karena sifat yang kita miliki. Yuk simak penyebab timbulnya konflik ini!

1. Mudah Tersinggung/Sensitif
Tersinggung adalah sebuah perasaan yang begitu sering dan cepat meluap di hati manusia. Perasaan ini biasanya merasa bahwa dirinya dilukai atau disakiti. Namun, jika dibiarkan terus-menerus hal ini sangat merugikan dan berdampak buruk baik secara mental dan fisik. Mari sama-sama belajar untuk mengendalikan perasaan, mengontrol diri, agar tidak mudah tersinggung. Apalagi karena hal sepele atau tidak penting.

2. Selalu Berprasangka Buruk
Orang yang berprasangka buruk akan selalu merasa apa yang dilakukan orang lain berdampak buruk bagi dirinya atau sebaliknya. Pemikiran atau perasaan negatif tidaklah baik. Hal ini bisa menyiksa diri. Selain itu bisa selalu mengalami konflik dengan seseorang atau sebuah komunitas. Belajarlah untuk tidak memedulikan hal-hal yang sifatnya tidak penting atau tidak benar tentang diri kita dari apa yang orang katakan. Apalagi menganggap orang lain merugikan kita. Mari melihat segala sesuatu dari sudut pandang yang positif, agar hati dan pikiran lebih tentram.

3. Kurang Toleransi
Toleransi adalah sikap sabar atau menahan diri. Toleransi juga sikap yang menghargai. Setiap kita harus saling menghormati dan menerima satu dengan yang lain. Kalau hal ini tidak kita lakukan, sudah pasti konflik akan terjadi. Jadi, mulailah belajar untuk menerima perbedaan apa pun dan lebih menghargai sesama kita.

4. Komunikasi yang Buruk
Komunikasi sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Kita menyatakan atau menyampaikan sesuatu dengan berkomunikasi. Buruknya komunikasi dapat membuat seseorang berasumsi yang salah. Alih-alih beranggapan, mulai sekarang belajarlah mengirim dan menerima pesan dengan baik. Berkata-katalah dengan kalimat yang membangun dan sopan. Komunikasi yang baik, membuat segalanya jadi lebih jelas. Sebaliknya, komunikasi yang buruk hanya akan menciptakan kesalahpahaman.

5. Mudah Terpancing
Jika kita mendengar atau membaca sesuatu yang sifatnya belum jelas jangan mudah menarik kesimpulan. Carilah lebih dalam tentang sesuatu yang kita dengar atau kita baca, agar lebih terpercaya dan terjamin kebenarannya. Jangan mudah terpancing dan terbawa emosi. Mari belajar lebih bijak ketika menerima dan membaca sesuatu. Hindari cepat panas. Sikapilah dengan kepala dingin, periksa kembali apakah sesuatu yang kamu dengar dan baca adalah benar.

6. Perbedaan Kepentingan
Perbedaan kepentingan juga kadang akan membuat kita terlibat dalam konflik. Satu mau seperti ini, yang lain mau itu. Akhirnya terjadi konflik. Namun, terkadang manusia selalu mengedepankan ego atau keinginan masing-masing. Padahal hal itu salah. Makanya, kita harus bisa mengatasi perbedaan kepentingan itu dengan baik. Utamakanlah kepentingan orang lain dibanding dirimu sendiri. Belajarlah untuk mengalah dan rendah hati untuk sesuatu yang baik. 

Posting Komentar

17 Komentar

  1. Pantesan aku selalu ribut sama temen aku, karena komunikasinya buruk ternyata

    BalasHapus
  2. Untung aku gak suka ribut :') tapi suka diributin :'(

    BalasHapus
  3. Wah ternyata karna komunikasi ya ��

    BalasHapus
  4. bagus banget artikelnya, terimakasih telah mengingatkan!

    BalasHapus
  5. komunikasi emang penting banget sih yaa

    BalasHapus
  6. Wahh bagus banget artikelnya, paling sering tuh karena komunikasi yang kurang baik

    BalasHapus
  7. Sangat bermanfaat dalam menjalani persahabatan dari masalah sampai cara mengatasinya

    BalasHapus
  8. Bener banget wkwkwk

    BalasHapus
  9. 4 sama 6 penyebab nya lagi relate sekalii sama aku..

    BalasHapus
  10. Terimakasih kak informasi nya kak, keren bngt.

    BalasHapus
  11. wah ini ternyata sebabnya, thanks infonya..

    BalasHapus
  12. Terdabet memang sungguh informatif sekali!!

    BalasHapus
  13. Emang sih ya harus bisa ngendaliin diri. Mantap kak artikelnya. Sangat membantu untuk diri ini yg suka diributin tapi ga suka keributan

    BalasHapus
  14. huhu bener2 relate bgt sama aku yg sensitif dan mudah tersinggung ini, next harus lebih bisa kontrol diriii, makasi yaa artikelnyaa kerenn

    BalasHapus