Bertahan Hidup

Pria tua ini tampak duduk di klursi kecil, sembari menuggu pembeli datang. Di usia yang hampir seabad ini, ia masih menjajakan barang dagangannya untuk tetap bertahan hidup.

Bapak ini bernama Kasman ia tinggal di Bojong, untuk sampai ke tempatnya berjualan ia diantar oleh sang cucu. Ia memiliki dua orang anak, laki-laki dan perempuan, pekerjaan kedua anaknya hanya sebagai tukang ojek dan asisten rumah tangga. Ia juga telah mempunyai cucu yang sudah beranjak dewasa, tetapi ada juga yang baru belajar merangkak. 

Pagi-pagi benar ia sudah berada di depan Pasar Mini, Depok, Jawa Barat untuk berjualan. Dengan tubuh ringkihnya, ia rela duduk berjam-jam di depan barang dagangannya hanya untuk makan sehari-hari.

Barang dagangannya biasa diangkut oleh sang cucu sampai ke pasar. Ia berjualan dari subuh sampai dzuhur tiba. Dagangan yang dijualnya hanya, daun pohon pisang, nangka, sayur singkong, daun serai, dan jantung pisang kepok. Tiga ikat kecil daun singkong dibandrol dengan harga Rp5000, dan satu jantung pisang kepok besar Rp15.000.

Penghasilan yang ia dapat sehari paling besar Rp100.000. Walaupun begitu, ditengah pandemi virus corona, para pembeli jauh berkurang, tapi ia harus tetap berjualan setiap harinya, "Ya kira-kira begitu dah, cukup untuk makan saja," katanya.

Sudah tua begini ia jadi sering lupa. Sering dirasakan ketika ia sedang berjualan. Terkadang ia suka memberi uang kembalian lebih . Namun, para pembeli selalu memberitahunya jika uang yang dikembalikan terlalu banyak. Dia bersyukur masih ada orang yang baik kepanya. 




Posting Komentar

22 Komentar

  1. semoga Pak Kasman tetap dalam keadaan yang sehat, dan diberikan rezeki yang banyak kelak

    BalasHapus
  2. Dari bapak itu kita belajar, walau di usia terbilang senja tp semangatnya masih menyala, semoga sehat terus bapaknya dan semoga dengan tulisan ini bisa membuat dagangan bapaknya ludes dibeli oleh masyarakat

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. semoga sehat selalu Pak. dimurahkan rezekinya, Aamiin

    BalasHapus
  5. Ya allah semoga diberikan kesehatan selalu buat bapaknya🥺

    BalasHapus
  6. Semoga bapaknya selalu diberikan kesehatan dan murah rezeki. Aamiin

    BalasHapus
  7. semoga bapaknya sehat selalu

    BalasHapus
  8. semoga dipermudahkan rezeki si bapaknya

    BalasHapus
  9. Semoga si bapak selalu diberikan kesehatan dan rezeki yang banyak!

    BalasHapus
  10. Semoga di lancarkan rezeki nya pa

    BalasHapus
  11. Semoga bapak tetap bahagia menjalani hidup ini pak

    BalasHapus
  12. Sehat selalu pak, semoga dilancarkan rezeki nya

    BalasHapus
  13. Semoga bapaknya sehat selalu dan diber rejeki

    BalasHapus
  14. Semoga sehat selalu dan rezekinya lancar

    BalasHapus
  15. semoga sehat selalu dan panjang umur ya bapak

    BalasHapus