Anak Angkot

(Sumber gambar: google)

Persahabatan adalah ikatan pertemanan yang begitu kuat dan dekat. Sama halnya dengan persahabatan antara aku dan teman-temanku semasa SMA.

"Anak angkot" namanya. Begitulah aku dan teman-temanku menamai grup kami. Bukan tanpa alasan kami menamainya "anak angkot", tetapi ada kisah dibalik terciptanya nama itu.

Berawal dari sekumpulan teman-temanku yang pulang sekolah dengan naik angkot. Setiap hari kami selalu pulang bersama dengan naik angkot. Jumlah kami begitu banyak kadang kala angkot yang kami tumpangi penuh dengan aku dan teman-temanku saja. Namun, hal ini tidak bertahan lama, sebagian dari kami memilih untuk membawa kendaraan pribadi. Sampai hanya tersisa aku, Mela, Citra, Lala, Zahra, dan Lily. 

Dari situlah awal persahabatanku dengan teman-temanku. Kami membentuk sebuah grup chatting di salah satu aplikasi dengan nama "anak angkot". Tidak pernah terlewatkan pulang tanpa angkot. Kami selalu pulang naik angkot yang sama. Terlebih lagi aku dan teman-temanku adalah teman satu kelas hal itu menambah kedekatan kami. 

Banyak cerita kami bagikan saat pulang naik angkot, baik membicarakan tugas, kegiatan sekolah, teman-teman, yang selalu diikuti dengan canda dan tawa. Ada saja hal yang jadi pembicaraan kami saat naik angkot, sampai-sampai supir angkot tak sekali dua kali menegur kami yang terlampau berisik. 

Kedekatan kami di kelas mungkin tidak seperti di angkot. Jarak tempat kami duduk juga tidaklah berdekatan. Namun, saat bel pulang berbunyi kami akan saling menghampiri satu sama lain. Persahabatan kami berlanjut sampai kelas 11 dan 12 meskipun kami tidak berada dalam satu kelas yang sama lagi, tapi kami berjanji untuk saling menunggu agar tetap bisa pulang bersama. 

Ketika kelas 11 dan 12 aku dan teman-temanku mempunyai kebiasaan baru sebelum pulang, yaitu duduk di Masjid Jami Assalam dekat sekolah. Tidak ada yang kami lakukan hanya mengobrol santai sebelum pulang, membeli jajanan, juga menunggu teman-temanku yang lain selesai sholat.

Semakin hari kami semakin dekat. Banyak hal kami lalui bersama. Semua cerita tentang keluarga, percintaan, kami bagikan bersama-sama. Kami punya banyak rencana yang terkadang hanya jadi wacana. Rasanya begitu menggelikan, tapi bukan serta-merta tidak ada yang kami wujudkan. Ketika salah satu di antara kami berulang tahun. Pasti kami akan merayakannya bersama. Melakukan sebuah tipuan sederhana agar memberikan kejutan walaupun kadang membuat jengkel. 

Namun, bukan berarti persahabatanku selalu dihiasi warna-warni kebahagiaan, ada saja hal-hal yang membuat kami tidak sepaham. Perselisihan di antara kami bukan berati membuat perpecahan, tapi mendekatkan satu sama lain, mengenal lebih dekat kepribadian kami satu per satu. Selalu mengedepankan pertemanan dan kepedulian itulah yang membuat kami bertahan.

Tidak terasa hampir tiga tahun aku dan teman-temanku bersama-sama. Sampai tiba hari perpisahan yang memilukan hati. Sekalipun benar raga kami berpisah, tetapi tetap saja saling merindu. Pesan-pesan singkat membuat janji bertemu, acap kali dikirim. Tidak disangka awal pertemuan aku dan teman-temanku di angkot menjadi sebuah persahabatan yang sejati. Berharap yang terbaik untuk teman-temanku dalam menggapai cita-citanya. 

Tulisan ini telah dimuat di Kumparan.com







Posting Komentar

23 Komentar

  1. lucu banget ih, tapi emang kadang dari kebiasaan kita malah jadi punya temen selingkup :D

    BalasHapus
  2. Semoga langgeng terus persahabatan kalian

    BalasHapus
  3. Sumpaah aku dari SMP sampe SMA anak angkot bgtt wkwwk

    BalasHapus
  4. Ih jadi inget aku juga anak angkot

    BalasHapus
  5. Jadi inget masa2 ngangkot, sekarang dah jarang make transportasi itu

    BalasHapus
  6. ahh gemess. jd inget dulu pas smp pulang sklh lgsg les naik angkot tp hrs nunggu ada barengan temen krn takut :(

    BalasHapus
  7. Kangen naek angkot jadinya deh

    BalasHapus
  8. Kayaknya seru jadi anak angkot. Aku mah dari dulu jarang bgt bgt naik angkot :(

    BalasHapus
  9. Ih dulu aku juga anak angkot loh. Tapi sekarang malah anti bngt naik angkot wkwkw

    BalasHapus
  10. unik banget kalian. langgeng trs ya sahabatannya atin dkk

    BalasHapus
  11. aku juga anak angkoooot dulu sekarang jadi anak kereta abis

    BalasHapus
  12. Aaaaa gemes banget jadi langsung keinget masa-masa sekolah pas masih sering naik angkot 😭

    BalasHapus
  13. Seru kali ya tidur di angkot lagi

    BalasHapus
  14. Gemeesss. Jadi kangen dulu sekolaahh terus ketiduran diangkot :)

    BalasHapus
  15. Kalo lagi berantem pisah angkot gk ya? :D

    BalasHapus
  16. samaa banget, aku juga anak angkot dulu wkwk

    BalasHapus
  17. Kangen masa-masa sekolah naik angkot jadinya

    BalasHapus
  18. Jadi pengen balik ke sma lagi, tiada hari tanpa naik angkot

    BalasHapus