Rasanya Wisuda Online

(Sumber foto: web resmi PNJ)

Wisuda ke-36 Politeknik Negeri Jakarta kali ini, memanglah berbeda dari sebelumnya. Mengingat kondisi pandemi Covid-19 yang tengah terjadi, wisuda pun dilaksanakan secara online. Rasanya berbeda sekali bukan!

"Rasanya wisuda online sedih, gak bisa ngerasain wisuda langsung di Balairung ramai-ramai bareng keluarga dan teman-teman. Gak ada sambutan hangat/perayaan yang gimana-gimana karena cuma bisa di rumah," kata salah satu mahasiswi Jurusan Akuntansi.

Meskipun hanya melalui zoom, ia tetap bersyukur sekali. Masih ada esensi dari wisudanya. Setidaknya masih bisa merasakan daripada tidak sama sekali. 

Hal yang sama pun juga dirasakan oleh Anita Rahim, mahasiswi Prodi Penerbitan. Ia mengungkapkan perasaan dan pengalaman berbeda dari wisuda pada umumnya yang biasanya diadakan secara langsung. 

"Gimana ya hehe, pastinya beda sama offline. Kita berkumpul dalam satu platform, tapi dengan jarak yang berjauhan. Itu rasanya aneh banget dan jujur capek lho duduk di depan laptop berjam-jam," katanya. 

Ia juga menambahkan, selama wisuda pada Sabtu, 24 Oktober 2020 kemarin rasanya  menegangkan. Sekalipun hanya wisuda online, tapi tetap ini sebuah momentum yang sakral.

Wisuda tahun ini akan menjadi peristiwa bersejarah nantinya. Belum pernah ada bahkan di dunia wisuda yang diselenggarakan secara online. Namun, itu tidak menyurutkan semangat para wisudawan. 

Bagi mahasiwa/i terbaik dan memiliki nilai rata-rata tertinggi, akan mewakili prodinya untuk datang langsung ke Trans Studio Cibubur bersama orang tua/wali. Mahasiswa yang tidak terpilih mengikuti langsung jalannya acara melalui zoom.

Sebelumnya para mahasiwa wajib mengirimkan video memindahkan tali toga yang dilakukan bersama orang tua dengan tanggal dan jangka waktu yang telah ditentukan.






Posting Komentar

13 Komentar

  1. ga kebayang nanti klo aku jg wisudanya online huhu. smg pandemi ini segera berakhir

    BalasHapus
  2. Semogaaa lulusan tahun ini sukses karirnya. Dapet pekerjaan yg baguss, aamiin.

    BalasHapus
  3. Kalo online euforianya gadapet:( huhu, tp demi kebaikan dan kesehatan semua. Semoga pandemi cepet berakhir

    BalasHapus
  4. mungkin jadi pengalaman pertama banget nih ada wisuda online, semoga tahun depan wisudnya offline

    BalasHapus
  5. Walau online tetap khidmat suasananya, sukses terus untuk kakak kakak

    BalasHapus
  6. tetep enak offline sih, tapi mau gimana lagi. semoga pandemi cepet selesai biar tahun depan wisudanya bisa offline lagi

    BalasHapus
  7. Semoga tahun depan bisa wisuda offline aamiin

    BalasHapus
  8. Semoga tahun depan kita bisa wisuda offline

    BalasHapus
  9. Walaupun wisuda nya online,tetap semangat dan sukses terus 👍

    BalasHapus
  10. Gapapa walau wisuda online. Semoga taun depan udah gak online lagi yaaa, aamiin

    BalasHapus
  11. selamat wisuda kakak kakak!!
    semoga tahun depan kita bisa ngerasain wisuda offline ya

    BalasHapus
  12. Tetap sakral walaupun online :(

    BalasHapus