Perpustakaan Politeknik Negeri Jakarta yang Baru

Gedung perpustakaan PNJ yang baru kini telah selesai dikerjakan

(sumber foto: google)

Pembangunan gedung perpustakaan Politeknik Negeri Jakarta yang baru, kini telah selesai dikerjakan pada Juli lalu.

Gedung perpustakaan PNJ saat ini berada tepat di depan bengkel Jurusan Teknik Sipil. Gedung ini memiliki 4 lantai yang terdiri dari lantai dasar sebagai ruang perkantoran, lantai satu dan dua untuk perpustakaan PNJ, lantai 3 sebagai ruang olahraga indoor dengan fasilitas tribune penonton.

Perpustakaan PNJ juga bekerja sama dengan Bank Indonesia (BI) dalam penambahan koleksi. Bank Indonesia menyediakan Layanan BI Corner (pojok baca) di UPT Perpustakaan PNJ. Saat ini ada 350 judul buku baru dari BI, 250 judul buku berbahasa Indonesia dan 100 judul buku berbahasa Inggris.

Semua mahasiswa yang datang untuk membaca maupun meminjam buku terlebih dahulu harus mengisi daftar hadir di monitor yang telah disiapkan. Kemudian mengambil kunci loker untuk menyimpan barang bawaan seperti tas, makanan dan minuman.

Mahasiswa dapat mencari buku yang ingin dibaca di rak-rak buku yang ada sesuai dengan judul rak buku. Setiap buku telah disusun berdasarkan jenis dan judulnya. Mahasiswa juga disediakan fasilitas komputer yang dapat dipakai di dalam perpustakaan. Pembangunan gedung perpustakaan PNJ yang baru diharapkan dapat menambah minat baca dan literasi para mahasiswa.  

Layanan berbasis web juga disediakan UPT Perpustakaan PNJ. E-library dapat diakses kapan pun dan di mana pun user berada. Pengguna dapat membuka website PNJ dan mengklik perpustakaan. Selain itu, dapat melihat koleksi perpustakaan dan penelusuran katalog serta koleksi e-books di website PNJ. Koleksi e-book yang tersedia juga dapat di download.

Sebelumnya perpustakaan PNJ berlokasi di Gedung Serba Guna (GSG) tepatnya di lantai 2. Ruang bacanya pun tidak terlalu besar. Namun, kini dengan gedung perpustakan PNJ yang baru telah memiliki ruangan yang lebih luas dan nyaman daripada tempat sebelumnya. Fasilitas yang diberikan juga lebih lengkap. Dengan jendela-jendela kacanya, desain gedung perpustakaan juga sangat estetik. Tertarik mengunjunginya? Yuk datang langsung ke PNJ.

Posting Komentar

17 Komentar

  1. waah perpus pnj estetik bangett yaa

    BalasHapus
  2. blm juga berkunjung udh dirumahkan aja pembelajarannya:( jd mana sempat keburu ada corona

    BalasHapus
  3. waaah perpusnya udah jadiiii, informatif sekaliii!

    BalasHapus
  4. MANTEP BANGET KAMPUS AKOOEEE. Eh kok capslock si eheh

    BalasHapus
  5. semoga ceu coro
    cepet pergi, supaya bisa berkunjung ke perpus baruu

    BalasHapus
  6. Bagus banget bangunan perpus PNJ yang sekaran

    BalasHapus
  7. IHIIW udah keren bgt perpus PNJ sekarangg

    BalasHapus
  8. sayang banget belum sempet ke perpus pnj yang baru

    BalasHapus
  9. Wahhh baru tau, ternyata udah selesai di renovnya perpus pnj

    BalasHapus