Webinar Jurnalisme Tagar Institut: Cara Menulis Feature

 


DEPOK- Tagar. id mengadakan webinar jurnalisme bertajuk “Bagaimana Menulis Feature yang Baik, Menarik, dan Asyik”. Webinar ini berlangsung melalui zoom pada Senin (16/11).

Cory Olivia sebagai voice over Tagar.id memandu jalanya acara dan Lestantya R. Baskoro, Redaktur Eksekutif Tagar.id menjadi pemateri pada sesi webinar ini.

Baskoro menjelaskan feature adalah tulisan jurnalisme dengan gaya bertutur. Feature bersifat timeless, tidak terikat dengan waktu dan dapat ditulis kapan saja. Selain itu, feature bersifat human interest yang mampu menggugah emosi pembaca atau bersifat menghibur.

Dalam membuat feature yang baik dan menarik, judul jadi penentu. “Judul feature itu harus “menggoda” membuat orang penasaran dan tertarik membacanya. Boleh diambil dari judul film, novel, atau peribahasa yang kemudian diedit. Judulnya tidak boleh asal-asalan, harus yang kreatif,” tuturnya.

Tulisan feature tentu harus memperhatikan sudut pandang, hal inilah yang akan menjadi daya tarik. Angle yang tajam jadi salah satu jurusnya. Tak hanya itu, menentukan narasumber juga jadi trik yang wajib dilakukan. Kutipan narasumber membuat "hidup" tulisan feature, tetapi tetap dalam porsi yang tepat. “Sebuah feature tanpa kutipan itu kering, sebuah feature banyak kutipan itu membosankan,” jelas Baskoro.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, demikian juga dengan deskripsi. Deskripsi adalah kekuatan sebuah tulisan feature yang baik. Tulisan yang mampu membuat pembaca seolah-olah berada dalam peristiwa akan sangat menarik perhatian. Feature yang baik punya deskripsi yang kuat. “Mata adalah kamera yang mampu membuat deskripsi menarik".  

 

 

 

 


Posting Komentar

0 Komentar